Senin, 04 Februari 2019 | 28 Jumadil Awwal 1440 H | Dibaca : 499 Kali

MTQ Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis 2019, Pembukaan di Bukit Batu, Penutupan di Talang Muandau

Editor: Zuriat Abdillah - Reporter: Babam Suryaman - Fotografer: Istimewa
MTQ Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis 2019, Pembukaan di Bukit Batu, Penutupan di Talang Muandau Teks foto: Rencana jadwal pembukaan MTQ tingkat kecamatan se-Kabupaten Bengkalis tahun 2019

BENGKALIS, LPTQ – Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Bengkalis H Hambali sudah mengusulkan jadwal pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan se-Kabupaten Bengkalis tahun 2019.

Melalui Nota Dinas Nomor: 400/Setda-Kesra/2019/11 tanggal 18 Januari 2019, usulan pembukaan MTQ tingkat kecamatan tahun 2019 di 11 kecamatan tersebut, disampaikannya kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Bupati Amril pada prinsipnya menyetujui usul yang disampaikan Hambali Putih, begitu Kabag Kesra ini kerab disapa sebagian sejawatnya dalam keseharian.

Namun di Nota Dinas Kabag Kesra itu, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, memberikan footnote alias catatan kecil (disposisi).

“Yth. Sdr. Kabag Kesra. Pada prinsipnya setuju. Kalau ada pembatalan, agar dijadwal ulang,” tulis orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis ini, seperti dikutip dari laman resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Senin 4 Januari 2019. Disposisi Bupati Amril tersebut tertanggal 1 Februari 2019.

Nota Dinas Kabag Kesra yang sudah diberi fotenote oleh Bupati Amril, pada pukul 17.32 WIB, Jum’at, 1 Februari 2019, dirilis Kasubbag Protokol Bagian Umum Setda Bengkalis Syafrizal di grup WhatsApp (WA) Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Mengutip Nota Dinas Kabag Kesra di grup WA itu, Hambali menjelaskan, ada 2 pola penetapan jadwal pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat kecamatan tersebut.

Pertama, berdasarkan usulan Camat yang bersangkutan. Camat yang menggunakan pola ini dalam pengusulan jadwal pelaksanaan pembukaan MTQ tahun 2019 di kecamatannya ada 3, yakni Camat Bukit Batu, Mandau dan Siak Kecil.

Sedangkan cara kedua berdasalkan hasil koordinasi Kabag Kesra dengan camat setempat. Kecamatan yang penetapan jadwal pembukaan MTQ di kecamatannya dengan pola kedua ini ada 8 kecamatan. Yakni, Camat Bandar Laksamana, Bantan, Bathin Solapan, Bengkalis, Pinggir, Rupat, Rupat Utara dan Talang Muandau.

Bila tak ada perubahan atau pembatalan, maka pembukaan MTQ kecamatan yang semuanya dijadwalkan bakal dihadiri Bupati Amril, akan diawali di Kecamatan Bukit Batu.

Sebagai “pembuka”, pembukaan MTQ di Bukit Batu ini dijadwalkan Kamis malam, 14 Maret 2019. Sedangkan yang terakhir atau sebagai “penutup” di Kecamatan Talang Muandau, Kamis malam, 25 April 2019.

Di desa atau kelurahan mana pelaksanaan MTQ di masing-masing kecamatan tersebut akan dipusatkan? Sampai setakat ini belum ada informasi resmi dari Kabag Kesra maupun masing-masing Camat.

MTQ ke-XLIV di Mandau

Jika tuan rumah penyelenggara MTQ di setiap kecamatan belum diketahui di desa atau kelurahan mana, tidak demikian dengan tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-XLIV tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019.

Sebagaimana disampaikan Camat Mandau Riki Rihardi, kecamatan yang dinakhodainya itu telah ditunjuk dan ditetapkan secara resmi Pemkab Bengkalis sebagai tuan MTQ ke-XLIV tingkat Kabupaten Bengkalis tahun ini.

Penunjukan Mandau sebagai tuan rumah tersebut, kata Camat Riki, tertuang dalam Surat Bupati Bengkalis Nomor: 400/Setda-Kesra/2019/15 tentang Penunjukan Tuan Rumah untuk Tempat Penyelenggaraan MTQ.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Mandau, Camat Riki mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis.

Apresiasi dan ucapan terima kasih itu, secara khusus disampaikannya kepada Bupati Amril yang telah mempercayakan helat tahunan yang diperkirakan bakal ditaja pada September 2019 tersebut di Mandau.

 

 

[Ikuti Terus LPTQ Bengkalis Melalui Sosial Media]







LPTQ Bengkalis
di Google+



LPTQ Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar