Senin, 16 April 2018 | 30 Rajab 1439 H | Dibaca : 469 Kali

Persiapkan STQ Riau, LPTQ Kabupaten Bengkalis Kunjungi Sejumlah Pondok di Mandau

Editor: Babam - Reporter: Zuriat - Fotografer: Zuriat
Persiapkan STQ Riau, LPTQ Kabupaten Bengkalis Kunjungi Sejumlah Pondok di Mandau Teks foto: Sejumlah Pengurus LPTQ Kabupaten Bengkalis melakukan peninjauan ke sejumlah pondok di Kecamatan Mandau, Senin, 16 April 2018.

BENGKALIS – Sebagai langkah awal untuk mendapatkan hafidz-hafidzah 20 dan 30 juz, sejumlah pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, melakukan kunjungan dan silaturrahmi serta melihat kemampuan santri di sejumlah pondok pesantren hifdzil qur’an di Kecamatan Mandau.

“Bersama Wakil Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis, Abi Bahrun dan seorang hakim MTQ kabupaten bidang hifdzil, kita melakukan silaturrahmi dan melihat langsung potensi santri-santri penghafal Al-Qur’an di sejumlah pondok di Kecamatan Mandau,” ujar Sekretaris Umum LPTQ, H Suwarto, Senin, 16 April 2018.

Dijelaskannya, kunjungan dan silaturrahmi ini dilakukan berdasarkan hasil rapat persiapan yang dilakukan Pengurus LPTQ guna menghadapi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-1 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2018 ini.

“Mengingat selama ini dari kecamatan belum ada mengutus Hifdzil Qur’an 20 dan 30 juz yang mempuni, maka kita lakukan langkah seperti ini sebagai bentuk keseriusan kita mencari kader dalam mempersiapkan peserta dari Kabupaten Bengkalis,” tuturnya.

Sekretaris Umum yang juga bersama Ketua Bidang Sekretariat LPTQ, Ismail, juga menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan STQ, hanya melombakan tiga cabang dengan delapan golongan. Seperti cabang Tilawah golongan anak-anak dan dewasa. Kemudian, cabang Hifdzil Qur'an, golongan 1, 5, 10, 20 dan 30 juz. Dan, cabang Tafsir Qur'an golongan Bahasa Arab. 

“Kita masih kekurangan kuota pada 20 dan 30 juz hifdzil qur’an, serta Tafsir Bahasa Arab. Dengan terobosan dan langkah yang kita lakukan ini, mudah-mudahan kita mendapatkan duta yang mempuni, minimal pada 2 golongan di cabang Hifdzil Qur’an,” terangnya.

Masih kata Suwarto, jika seandainya nanti telah ditemukan santri yang mempuni, maka dalam rentang waktu yang tidak lama, akan dilakukan pembinaan secara khusus terhadap santri yang dianggap memiliki nilai lebih dimaksud.  

 

 

[Ikuti Terus LPTQ Bengkalis Melalui Sosial Media]







LPTQ Bengkalis
di Google+



LPTQ Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar