Senin, 18 September 2017 | 26 Zulhijjah 1438 H | Dibaca : 285 Kali

Persiapan MTQ Bengkalis Terus Dimatangkan

Editor: Adi Sutrisno - Reporter: Babam Suryaman - Fotografer: Zuriat Abdillah
Persiapan MTQ Bengkalis Terus Dimatangkan Teks foto: Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017, Senin (18/09/2017), menggelar rapat persiapan MTQ di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

BENGKALIS, LPTQ - Panitia Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis terus mematangkan persiapan. Waktu pelaksanaan yang semakin dekat, yakni 1 Oktober 2017 mendatang, menuntut panitia untuk bekerja ekstra agar helat tahunan tersebut berjalan sukses.
 
Harapan tersebut disampaikan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra, saat memimpin rapat persiapan penyelenggara MTQ di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/09/2017).
 
"Saya harap MTQ ini berjalan dengan lancar dan semua keperluan didalamnya terselesaikan sebelum pelaksanaan ini dimulai. Kepada panitia saya minta betul-betul dalam menjalankan peran ini. Karena yang kita lakukan ini adalah kegiatan keagamaan yang sekaligus mensi'arkan Islam," kata Heri yang juga ditunjuk sebagai ketua umum panitia.
 
Dijelaskan pejabat yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis itu, dari mulai penyambutan kafilah, malam ta'aruf, pawai ta'aruf, malam pembukaan dan sampai selesai semua harus sudah disiapkan dengan sebaik mungkin. Apalagi pelaksanaannya tinggal 12 hari lagi.
 
"Oleh karena itu, saya intruksikan agar setiap bidang menggelar rapat kecil, merumuskan kembali apa saja yang menjadi tugas dan fungsinya, kemudian segala kebutuhan perbidang, silahkan disampaikan secara tertulis kepada Bagian Kesra selaku penangungjawab kegiatan ini," tegasnya.
 
Sementara itu, Camat Pinggir Djamaluddin selaku tuan rumah mengatakan, berbagai persiapan terus dimatangkan, misalnya menyiapkan tempat pemondokan kafilah dan menentukan tempat-tempat perlombaan.
 
"Masalah tempat-tempat pemondokan peserta, lokasi pertandingan juga sudah kita sediakan. Kalau pemondokan kita siapkan sebanyak 17 rumah warga, karena masing-masing kecamatan kita pisahkan putra dan putri, ditambah dari peserta LPTQ," sebutnya.
 
Terkait lokasi pertandingan, imbunya, selain Astaka Utama. Ada beberapa tempat yang telah disediakan seperti masjid Nurul Iman, SDN 15 Pinggir dan Gelanggang Olahraga Desa Pinggir.
 
Untuk diketahui, khusus pendaftaran peserta, tahun ini MTQ Kabupaten Bengkalis sudah menerapkan pendaftaran online dengan aplikasi e-MTQ yang bisa diakses di https://e-mtq.bengkaliskab.go.id.
 
Sedangkan daftar ulang, penerimaan dan penyerahan dokumen seluruh peserta dari seluruh utusan, paling lambat Sabtu siang (30/9/2017), di aula Kantor Camat Pinggir. 
 
Sebelum pembukaan MTQ ke-42, Sabtu (30/9/2017) malam, panitia mengadakan malam ta’aruf antar kafilah dan pelantikan dewan majlis hakim di halaman rumah dinas Camat Pinggir.
 
Sedangkan Minggu (1/10/2017) siang, dilaksanakan kegiatan pawai ta’aruf yang diikuti seluruh kafilah, sekolah-sekolah dan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Khususnya warga Pinggir dan sekitarnya. 
 
Rute pawai taaruf, apabila tidak ada perubahan akan start kantor Camat Pinggir baru dan finish kantor Camat Pinggir lama, jalan Bathin Muajalelo.
 
Usai pawai langsung pembukaan bazar/pameran yang dipusatkan halaman belakang kantor Camat Pinggir, yang akan diikuti seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.
 
Kemudian malam harinya, digelar pembukaan MTQ ke-42 yang direncanakan akan dibuka secara langsung Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

 

 

[Ikuti Terus LPTQ Bengkalis Melalui Sosial Media]







LPTQ Bengkalis
di Google+



LPTQ Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar